Ternyata Kecerdasan Buatan Berawal Dari Catur

 

Perangkat lunak kecerdasan buatan atau Artificial Intellegence (AI) kini menuai kontroversi karena dianggap membahayakan kehidupan umat manusia. Namun siapa sangka bahwa kecerdasan buatan yang pertama kali dibuat adalah sebuah permainan catur virtual yang sederhana.

Permainan ini pertama kali dikembangkan oleh seorang insinyur dari University of Manchester, Alan Turing pada tahun 1946 dan kemudian disempurnakan oleh Dietrich G. Prinz pada 1951.

Dalam pembuatan permainan ini, Turing merancang sebuah program agar perangkat lunak dapat berpikir dengan menggunakan alogaritma dan aturan yang praktis.

Turing merancang program tersebut agar dapat mengambil keputusan dalam permainan dan dapat berpikir dua kali sebelum mengambil keputusan. "Dia menulis algoritma tanpa menggunakan komputer dan itu adalah sebuah prestasi yang luar biasa," ujar Gary Kasparov, seorang grandmaster catur yang mencoba permainan ini.

Perangkat lunak ini kemudian dicoba untuk dipasangkan dalam sebuah komputer, namun pekerjaan itu tidak terselesaikan. Pada tahun 1951, Prinz, sahabat dekat Turing di University of Manchester kemudian menyempurnakan perangkat lunak ini dan memasangnya dalam sebuah komputer bernama Ferranti Mark 1.

Hingga saat ini perangkat lunak dengan kecerdasan buatan semakin berkembang. Penggunaannya juga kini diaplikasikan pada berbagai bidang industri. Sayangnya perangkat lunak ini menuai kontroversi karena dianggap akan membahayakan kehidupan umat manusia.

Free Download  Kecerdasan Buatan:
Download Code VB
Download Code Delphi
Download Code Java