Memantau Pesawat Komersial melalui Radar Internet

 
Informasi radar tidak hanya dibutuhkan oleh kalangan militer saja, masyarakat sipil tertentu pun terkadang memerlukanya untuk keperluan tertentu dalam suatu aktifitas dan pekerjaan (misalnya industri penerbangan, dsb), namun tentu saja hanya sebagian orang (sipil) yang bisa mengakses informasi-informasi pada sebuah radar terkait pekerjaan orang tersebut (sebut saja petugas ATC bandara yang harus selalu memantai pergerakan pesawat melalui radar di bandara).

Lalu bagaimana dengan kita sebagai masyarakat umum biasa? Apakah kita juga bisa melihat dan mengakses informasi dari sebuah radar? Sebagai masyarakat sipil, mungkin sebagian kita pernah menikmati layanan penerbangan komersil, kalaupun kita tidak pernah setidaknya keluarga, saudara, atau bahkan tetangga kita pernah menggunakan jasa penerbangan komersial. Walaupun industri penerbangan komersial sudah memiliki standar keamanan yang sangat tinggi, bukan berarti industri ini tidak pernah mengalami berbagai masalah, terutama pesawat yang jatuh ataupun hilang.
Ketika terjadi masalah tersebut, informasi radar adalah bagian pertama yang paling dicari untuk analisa awal dari masalah tersebut.

Nah disinilah terkadang kita memerlukan informasi dan akses terhadap radar, terutama radar untuk pesawat komersial (sipil) untuk memastikan bawah pesawat yang saudara, tetangga, atau teman (main) kita telah sampai dibandara tujuan dengan selamat.

Dengan cukup mengetahui nomor penerbangan pesawat, sekarang kita bisa memantau informasi melalui radar pesawat terbang komersial sebagai berikut:
  •     Jenis Pesawat
  •     Ketinggian
  •     Kecepatan
  •     Kecepatan Vertikal
  •     Posisi (latitude, longitude)
  •     Waktu Keberangkatan dan Kedatangan
  •     Progress perlajanan

    Lalu bagaimana caranya?? cukup akses halaman flightradar24, semua informasi tersebut bisa anda dapatkan dari (mungkin) semua pesawat komersial yang ada di seluruh dunia dan semua penerbangan. Dihalaman web tersebut akan terlihat peta dunia dan ribuan bahkan puluhan ribu pesawat yang masuk dalam jangkuan flightradar24, untuk melihat informasi suatu pesawat lebih detail cukup pilih objek pesawat yang anda inginkan.

Nah demikianlah, kita sebagai masyarakat sipil biasa juga dapat menikmati informasi radar penerbangan komersial melalui layanan yang diberikan oleh flightradar24, bagi anda yang menginginkan layanan lebih dari sekedar website flightradar24 maka akan bisa membeli aplikasi flightradar24 dalam berbagai platform tentu saja dengan layanan informasi radar dan fitur yang lebih lengkap. Semoga bermanfaat..